Kepala SDN 21 Mekarjaya tengah menunjukkan dekorasi di ruang perpustakaan bergambar biota-biota laut. (pipin/Diskominfo).

depok.go.id-SD Negeri (SDN) 21 Mekarjaya, Kecamatan Sukamajaya, memiliki komitmen dalam meningkatkan semangat membaca anak didiknya. Upaya ini, diwujudkan dengan membenahi manajemen perpustakaan sekolah menjadi berbasis komputer dengan ditunjang ruangan yang lebih nyaman.

Kepala SDN 21 Mekarjaya, Nana Marlina mengatakan, dalam pembenahan tersebut pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok. Khususnya terkait pendampingan kepada tenaga pustakawan, untuk mengubah manajemen penomoran serial buku yang awalnya manual berganti sistem komputerisasi.

“Arahnya lebih pada perpustakaan pintar (smart library) yang kita konsepkan dengan dekorasi gambar bertema biota-biota di bawah laut (under sea). Tujuannya membuat anak-anak yang berkunjung ke perpustakaan menjadi lebih nyaman dan berkesan,” katanya, di ruang kerjanya, Rabu (12/09/2018).

Bukan hanya itu, dirinya mengatakan, akan menambah dua unit komputer untuk melengkapi sarana dan prasarana perpustakaan sekolah. Dengan demikian, diharapkan operasionalnya menjadi lebih efektif dan efisien.

Pembenahan manajemen ini, kata Nana, dikarenakan dirinya melihat Perpustakaan SDN 21 memenuhi standar perpustakaan sekolah, dengan sarana dan prasarana yang cukup representatif. Serta dukungan koleksi lebih dari 1000 buku.

“Kalau dikelola dengan baik dan terkomputerisasi, anak-anak juga akan merasa senang. Ujungnya, meningkatnya semangat membaca karena proses peminjaman buku juga lebih tertata,” tutupnya.

Penulis : Pipin Nurullah
Editor: Dunih
Diskominfo

Bagikan post melalui :