priangan-portalDalam rangka konsolidasi dan penguatan upaya pengendalian inflasi Jawa Barat  sehingga stabilitas harga bahan pangan dapat terjaga, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Forum Koordinasi Pengendalian Inflasi (FKPI)  bekerjasama dengan Bank Indonesia telah meluncurkan Portal Informasi Harga Pangan yang disebut priangan. Portal ini dapat diakses melalui internet dengan alamat www.priangan.org

Untuk mendapatkan update harga komoditas bahan pangan terkini se-Jawa Barat juga dapat diakses melalui SMS dengan cara mengetik : <NAMA KOMODITAS<#<NAMA KOTA>  kirim ke: 0 8 7 8  P R I A N G A N
7  7  4 2  6 4  2 6

contoh: CABE MERAH#KOTA DEPOK kirim ke 087877426426

Portal priangan.org ini menyediakan informasi harga referensi sebagai sebuah pusat informasi harga komoditas pangan untuk meningkatkan komunikasi kepada masyarakat melalui PRIANGAN (Portal Informasi Hasil Pangan).

Harga bahan pangan yang tersedia dalam PRIANGAN adalah data yang bersumber dari survei pemantauan harga Pemerintah Provinsi Jawa Barat di 26 kabupaten/kota yang dipantau secara berkala baik harian maupun mingguan. Untuk meminta kabupaten/kota yang tersedia juga dapat diakses dengan ketik: INFO KOTA Beberapa daftar komoditas yang tersedia informasinya antara lain Bawang Merah, Beras Medium, Cabe Merah, Daging Sapi, Daging Ayam Ras, Gula Psir, Ikan Olahan, Kentang, Kedelai, Minyak Goreng, Telur Ayam Ras dan Tepung Terigu.

Sementara itu, Ketua Forum Teknis/Forum Koordinasi FKPI Jawa Barat, Ferry Sofwan Arif menyampaikan berbagai hal tentang isu-isu permasalahan inflasi yang berkembang di Jawa Barat. Permasalahan atau isu yang diungkapkan antara lain tentang permasalahan harga daging ayam ras, harga beras dan penyaluran raskin, perkembangan pengelolaan pergudangan di Jawa Barat, alih fungsi lahan, dan pentingnya kerjasama antar daerah untuk mengantisipasi persoalan defisit pasokan komoditas tertentu. Kepala Dinas Perdagangan dan Industri Provinsi Jawa Barat ini juga menyampaikan berbagai rekomendasi yang sudah dan akan disampaikan kepada Kementerian atau lembaga berwenang untuk segera ditindaklanjuti, seperti halnya adanya dugaan kartel pada produksi daging ayam ras.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi sekretariat:

1. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VI Jl. Braga No.108 Bandung 40111
Telp. 022 – 4230223    Fax: 022 – 4214326

2.Biro Administrasi Perekonomian Setda Pemerintah Provinsi Jawa Barat
Jl. Diponegoro No.22 Bandung
Telp.022 – 4231481 Fax: 022 – 4231481/4230929 (Diskominfo/Manapar M)

Bagikan post melalui :