mendongeng_2depok.go.id- Animo masyarakat terhadap dongeng masih sangat besar, hal ini dapat terlihat pada jumlah peserta yang membludak di kegiatan pelatihan mendongeng yang diadakan Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok, Kamis (12/11/15).

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memperingati Gerakan Membaca Nasional yang dahulu pernah dicanangkan oleh Presiden pada tahun 2012, selain itu untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Kepala Seksi Perpustakaan Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok, Ima Halimah mengatakan, dari kuota yang disediakan panitia sejumlah 50 orang, yang mendaftar sudah mencapai 75 orang dan itu pun masih terus berjalan selama acara berlangsung.

“Target kami hanya 50 peserta untuk guru TK dan SD, tapi luar biasa antusias masyarakat umum juga terlihat pada kegiatan kali ini, hal ini benar-benar di luar dugaan,” tutur Ima.

Walaupun demikian, panitia tetap siap menerima dan menampung peserta yang nantinya akan mendapatkan sertifikat di akhir acara.

Senada dengan itu, salah satu peserta yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Rita Nurlita menuturkan, pentingnya pelatihan mendongeng ini untuk para guru maupun orang tua agar lebih kreatif dalam menyampaikan pesan dan cerita kepada anak-anak.

“Dengan cara menggurui, kadang anak males untuk dengerinnya, tapi dengan penyampaian melalui dongeng, saya rasa ini pesan yang mudah sampai kepada anak-anak dan sifatnya menyenangkan,” tutur wanita yang juga penulis buku anak ‘Terjebak di Dunia Maya’.

Rita juga berharap, semua pendongeng dapat mengembangkan kreativitas melalui cerita-cerita agar menarik bagi anak dan imajinasi anak dapat terus berkembang. Penulis: Vidyanita/ Diskominfo

Bagikan post melalui :