Tingkatkan Minat Baca Melalui Pelatihan MendongengDalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November kemarin dan meningkatkan minat baca masyarakat, Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok menggelar beberapa rangkaian kegiatan, salah satunya pelatihan mendongeng. Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok, Kamis (12/11/15).

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memperingati Gerakan Membaca Nasional yang dahulu pernah dicanangkan oleh Presiden pada tahun 2012. Dengan menghadirkan narasumber yang sudah ternama seperti kak Ito. Peserta diajak untuk mengenal dan menyelami dunia anak secara lebih dalam lagi.

Kepala Seksi Perpustakaan Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok, Ima Halimah mengatakan, mendongeng merupakan salah satu aktivitas bertutur, berwacana dan bercerita yang mampu menstimulus otak anak. Sehingga diharapkan dengan mendongeng dapat meningkatkan minat baca yang saat ini semakin menurun.

“Kalau mendongeng itu kan ada buku referensi yang harus dibaca. Nah, dengan demikian mau tidak mau pendongeng harus membaca terlebih dahulu sehingga hal ini akan menumbuhkan minat baca seseorang,” ujar Ima.

Senada dengan itu, pendongeng Kak ito menyebutkan beberapa materi yang disampaikan dalam kegiatan ini antara lain, membedakan antara mendongeng, bercerita dan berkisah, manfaat dan tujuan mendongeng, bagaimana seorang guru maupun orang tua mendongeng kepada anak tapi tidak ada rasa takut serta membuat kelompok dan nantinya setiap kelompok maju ke depan untuk bercerita.

“Hal ini dimaksudkan untuk mengasah keberanian para guru maupun orang tua agar pesan dan makna dari sebuah dongeng dapat sampai kepada anak dengan bahasa yang dimengerti,” ujar pria yang saat ini bekerja pada sebuah penerbitan.

Dia juga mengatakan setiap anak memiliki mimpi dan cita-cita, melalui dongeng ini diharapkan anak-anak bisa membayangkan ingin menjadi apa.

“Dokter, polisi ataupun pilot, semua berawal dari cerita sehingga nantinya anak-anak dapat membayangkan akan menjadi apa mereka ketika besar nanti,” tutupnya. Penulis: Vidyanita/ Diskominfo

Bagikan post melalui :