depok.go.id – Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh tepat pada hari ini turut diperingati oleh Upt. Puskesmas Kecamatan Limo dengan mengadakan gebyar Tuberkulosis (TB) di halaman Kecamatan Limo, Kamis (12/11/2015). Kegiatan tersebut dihadiri oleh camat, lurah, LPM, kader TB, dan siswa sekolah.

Kepala Upt. Puskesmas Limo, Fikrotul Ulya, mengatakan bahwa kegiatan gebyar TB ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang penyakit TB, baik dari gejala, penyebab serta cara pengobatan penyakit tersebut serta komitmen bersama untuk menekan angka TB khususnya di Limo.

“Kami berharap penyakit ini dapat kami berantas dari hulu sampai hilir, tentunya dengan partisipaasi dari masyarakat,” ujarnya.

Selain sosialisasi, kegiatan ini juga mengagendakan pemberian makanan tambahan pada pasien TB, testimoni mantan TB, serta penandatangan komitmen TOSS (Temukan Obati Sampai Sembuh) TB.

“Akan ada penandatanganan komitmen, karena partisipasi masyarakat juga dibutuhkan untuk menekan TB,” tambahnya.

Bentuk partisipasi masyarakat ini adalah mereka juga turut mencari dan menemukan pasien
TB yang ada di lingkungannya, karena  selama ini penyakit TB lebih sering ditutupi oleh masyarakat, terlebih karena sifatnya penyakit menular, maka ini perlu ditanggapi dengan serius oleh semua pihak.

“Pasien sekarang ada 72 pasien di 4 kelurahan, untuk itu kami imbau kepada masyarakat untuk mengenali gejala TB. Jika mengalami gejalanya segera periksa,” ujarnya. (Rysko/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :