Camat Panmas Utang Wardaya memberikan sambutan dalam kegiatan Pelatihan dan Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Kelompok Tani, di Aula Kecamatan Panmas, beberapa waktu lalu. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Kelompok petani Pancoran Mas (Panmas), mulai menggarap dan mengembangkan potensi buah belimbing. Dengan dukungan Camat Panmas, Utang Wardaya, petani berupaya untuk membuat minuman fermentasi dari sari belimbing dewa.

“Kami bersama kelompok tani dan Universitas Gunadarma, saat ini tengah melakukan pengembangan produk fermentasi sari belimbing. Hal ini dilakukan karena masih banyaknya produksi belimbing di Kecamatan Panmas, sehingga kami melihat potensi itu,” ujarnya, di sela kegiatan Pelatihan dan Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Kelompok Tani, di Aula Kecamatan Panmas, beberapa waktu lalu.

Dikatakannya,  nantinya produk ini akan menjadi produk unggulan di Kecamatan Panmas. Untuk itu, pihaknya mengajak peran serta kelompok tani agar dapat mengemas produk olahan dengan kemasan semenarik mungkin.

“Untuk pemasaran, kami juga bekerja sama dengan wirausaha kelompok tani, agar produk ini bisa dikenal masyarakat,” jelasnya.

Utang Wardaya juga menyebut, banyak manfaat untuk tubuh dari minuman ini. Selain menyehatkan, olahan minuman ini juga bisa meningkatkan imun (kekebalan) bagi tubuh.

“Sudah teruji bidang farmasi dan teknologi pangan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB). Olahan minuman ini menyehatkan dan bisa meningkatkan imun tubuh. Ini masih dalam tahap pengembangkan dan dibutuhkan komitmen serta  pelatihan secara bertahap,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :