Guna meningkatkan kesadaran hukum, Bagian Hukum Pemerintah Kota Depok mengadakan Lomba Kelompok Sadar Hukum Tingkat Kota Depok. Lomba diikuti perwakilan dari setiap Kecamatan Kota Depok dan diadakan di Aula Lantai 5 Gedung Balaikota Depok, Kamis (12/12/2013).

Salvia Dona selaku Kasubag Advokasi Hukum Bagian Hukum Pemerintah Kota Depok menjelaskan bahwa lomba ini merupakan salah satu bentuk penyuluhan hukum kepada masyarakat. Beliau mengatakan bahwa berdasarkan peraturan Kementrian Hukum dan Ham dan Peraturan Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), penyuluhan hukum bisa dilakukan secara langsung dan tidak langsung.

” Penyuluhan yang secara langsung biasanya berupa sosialisasi seperti seminar dan lainnya, lomba ini salah satunya,” ujar Salvia.

Salvia menambahkan bahwa banyak peraturan dari pusat maupun daerah, namun Bagian Hukum Kota Depok hanya fokus melombakan tiga peraturan saja, yaitu peraturan Undang-undang Narkotika, Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik dan Undang-undang Ketertiban Umum. Dewan juri yang diundang pun berasal dari instansi yang membawahi ketiga Undang-undang tersebut, yaitu dari Kejaksaan, Satpol PP dan Diskominfo Kota Depok.

” Kami memilih ketiga undang-undang itu karena ketiga undang-undang tersebut bersinggungan langsung di masyarakat. Mengenai undang-undang Narkoba masyarakat harus paham karena sudah banyak persoalan yang terjadi. Sementara sekarang sudah eranya keterbukaan informasi, masyarakat harus paham betul mengenai itu. Sedangkan perda tentang ketertiban umum memang harus terus ditegakan,” jelas Salvia.

Dengan dilaksanakannya lomba ini Salvia berharap agar masyarakat lebih paham mengenai peraturan baik dari pusat ataupun peraturan daerah, selanjutnya para peserta lomba juga akan memberikan informasi kepada masyarakat terkait peraturan yang ada, khususnya yang dilombakan. (Diskominfo/Rysko)

Bagikan post melalui :