dinsos

Petugas layanan Dinsos Depok sedang memberikan santunan kematian kepada ahli waris (Foto : Pipin/Diskominfo)

depok.go.id- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Sosial (Dinsos) telah menggulirkan dana santunan kematian kepada 1.798 ahli waris. Dalam pemberian bantuan setiap ahli waris menerima sebesar Rp 2 juta.

“Jadi dari Desember 2016 hingga Agustus 2017 sudah kami salurkan santunan kematian ke 1.798 ahli waris. Untuk pembagian diberikan sebanyak empat tahap,” kata Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kota Depok Dodi Rustyandi kepada depok.go.id, Selasa (12/12/2017).

Dikatakannya, dalam pemberian santunan tersebut disesuaikan dengan pengajuan dari masyarakat. Pasalnya tidak ada target maupun batasan pemberian santunan.

“Santunan ini dananya berasal dari dana tak terduga Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok. Penerima tentu sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan,” tuturnya.

Persyaratan yang harus dipenuhi telah tertuang pada Peraturan Wali Kota Depok Nomor 28 Tahun 2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemberian Santunan Kematian. Adapun persyaratannya yaitu memiliki KTP elektronik domisili Depok, memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau Kartu Peserta Program Keluarga Harapan, atau Kartu Perlindungan Sosial, maupun Kartu Indonesia Pintar.

“Persyaratan yang harus dipenuhi sudah teruang pada Peraturan Wali Kota, pencairan santunan menunggu SK karena berkas yang diserahkan akan disesuaikan dengan persyaratan yang telah ditentukan,” tutup Dodi.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :