Kegiatan Pemeliharaan di Jl. Menpor, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis oleh Satgas DPUPR Kota Depok, baru-baru ini. (Dok. DPUPR)

depok.go.id-Untuk memperpanjang usia pemakaian jalan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, biasa menambah ketebalan beton dengan aspal. Cara yang belum banyak diketahui orang awam tersebut, merupakan standar DPUPR untuk menjaga kualitas beton agar tetap kuat dan tahan terhadap perubahan cuaca ekstrem.

“Jadi begini, untuk jalan yang sudah dibeton dengan usia minimal lima tahun, kami harus melakukan peremajaan. Caranya, ya dengan menambalnya menggunakan aspal. Meskipun beton tersebut belum rusak,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Manto, di ruang kerjanya, Rabu (12/12/18).

Manto menyebutkan, aspal yang digunakan memiliki kualitas yang baik dengan ketebalan 3-5 cm, agar bisa tahan lama. Perekatannya pun dikerjakan sedetail mungkin, sehingga pengendara nyaman saat melintasi jalan tersebut.

“Walaupun beton masih dalam keadaan baik, namun pengikisan terjadi setiap tahunnya dan ini berakibat jalanan menjadi licin jika hujan. Untuk itu, kami melakukan pemeliharaan dengan melapisi beton tersebut menggunakan aspal,” katanya.

Diakuinya, jelang akhir tahun ini ada beberapa pekerjaan aspal yang dilakukan DPUPR Kota Depok. Untuk pekerjaan jalan lingkungan, dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) I, II dan III yang tersebar di berbagai wilayah.

“Untuk data ada di masing-masing UPT. Beberapa di antaranya, pekerjaan aspal dilakukan di Jalan Raya Pitara dan Jalan Cagar Alam, Kecamatan Pancoran Mas. Mudah-mudahan masyarakat paham, kegiatan ini dilakukan untuk kepentingan bersama,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih
Diskominfo

Bagikan post melalui :