Satgas DPUPR melakukan penanganan longsor di sejumlah titik di Kota Depok, belum lama ini. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Tingginya intensitas hujan akhir-akhir ini, membuat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok fokus terhadap titi-titik yang rawan banjir dan longsor. Untuk mengantisipasi hal tersebut, telah disiagakan sejumlah Satuan Tugas (Satgas).

“Kalau di jam kerja, semua Satgas kami turun untuk melakukan penanganan atau tugas rutin. Setelah jam kerja, ada empat Satgas yang piket untuk bersiaga menerima laporan dari masyarakat,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Dadan Rustandi, di Balai Kota, Senin (13/01/20).

Sementara di hari libur khususnya Sabtu dan Minggu, lanjutnya, pihaknya juga menyiagakan sebanyak delapan Satgas. Kedelapan Satgas tersebut bertugas melayani aduan masyarakat secara bergantian.

“Jadi, untuk pagi empat orang dan malam empat orang. Ini berlaku juga saat libur hari besar nasional,” terangnya.

Senada dengan itu, Kordinator Lapangan (Korlap) Satgas DPUPR Kota Depok, Rahmat Syarifudin menjelaskan, pada dasarnya semua Satgas bersiaga jika diperlukan. Terutama, mereka yang terdekat dengan lokasi kejadian.

“Kalau ada kejadian yang darurat, Satgas yang berada di rumah pun siaga. Jadi, siap jika  dibutuhkan di lapangan,” ucapnya.

Untuk diketahui, DPUPR Kota Depok mencatat sedikitnya ada 98 laporan masuk, terkait adanya bencana longsor dan banjir selama dua pekan terakhir. Dari 98 laporan tersebut, 38 di antaranya telah direspon baik berupa penanganan sementara maupun permanen. (JD 08/Ed 01/EUD 02)

Bagikan post melalui :