depok.go.id-Puskesmas Rangkapan Jaya mendukung terwujudnya kelurahan sehat. Untuk itu, pihaknya mengusulkan penanganan stunting (gizi buruk) dan jamban sehat ke dalam Musrenbang Tingkat Kelurahan Rangkapan Jaya yang digelar hari ini.

“Kami kerucutkan menjadi dua permasalahan ini yang yang ditemukan saat pelayanan ke warga. Karena itu, kami usulkan penanganannya di Musrenbang Tingkat Kelurahan,” kata Kepala Unit Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Puskesmas Rangkapan Jaya, Nenden Siti Zahrawani usai Musrenbang Tingkat Kelurahan Rangkapan Jaya, Senin (13/01/20).

Dikatakannya, stunting sudah menjadi isu nasional yang harus segera diselesaikan. Sedangkan untuk jamban sehat masih saja ditemukan keberadaannya di wilayah.

“Warga kadang mempunyai WC, tetapi saluran pembuangannya tidak ke septic tank melainkan ke empang. Itu bisa menyebabkan air di sekitarnya kurang bagus, sehingga menjadi tempat berkembangnya lalat sebagai sumber penyakit,” jelasnya.

Di tempat berbeda, Camat Pancoran Mas, Utang Wardaya, mengatakan melalui Musrenbang di wilayahnya, upaya penanganan kesehatan akan lebih ditingkatkan. Selain dengan penyuluhan, pihaknya akan membagikan makanan tambahan melalui Puskesmas.

“Seperti kami akan memberikan makanan layak gizi kepada masyarakat yang membutuhkan,” pungkasnya. (JD 09/ED 02/EUD 02)

Bagikan post melalui :