IMG_9736

Bertempat di wisma Hijau Cimanggis Depok, Forum OPD Kantor Arsip dan Perpustakaan gelar rencana kerja dengan tema “Dengan budaya baca dan sadar arsip kita wujudkan masyarakat Depok yang maju dan sejahtera” pada kamis (13/02/14). Hadir pula narasumber dalam acara tersebut yaitu dari Bappeda Betty Setyorini selaku kasubbidsosbud, PLT kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan drg. Novarita, Purwanto Putra selaku asisten pengajar Ilmu Kearsipan UI serta beberapa perwakilan dari masing-masing OPD.

Betty mengatakan Depok mendapat nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi di Jawa Barat dan ketiga tingkat nasional untuk indeks pembangunan. Namun sangat disayangkan minat membaca masyarakat sangat rendah seperti yang dilansir pada laporan petugas kegiatan perpustakaan keliling “kehadiran tingkat SMP dan SMA  sangat sedikit peminatnya bahkan hanya beberapa, namun untuk tingkat TK dan SD, membaca masih menjadi primadona” tandas Betty.

Demi menunjang kegiatan membaca, kantor arsip menyediakan program kepustakaan daerah di 36 kelurahan, mobil perpustakaan keliling di 136 titik dan menambah tenaga ahli. Dengan adanya hal tersebut pihaknya berharap minat baca akan semakin bertambah yang secara otomatis akan menambah wawasan dan memberikan imbas positif di kota Depok.

Pada 2015 nanti jajaran terkait akan membangun gedung arsip dan infrastruktur yang menunjang, pelayanan harus memberi dampak positif, mewujudkan tata kelola kearsipan, mewujudkan kepustakaan yang kreatif, mewujudkan pengolahan data yang baik serta mewujudkan pelayanan publik profesional berbasis kompetensi. Dengan cara begitu pihaknya optimis menjadikan membaca sebagai budaya. (Diskominfo/ Nita)

Bagikan post melalui :