Untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat, Walikota Depok Nur Mahmudi menghadiri dan membuka rapat koordinasi Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas), Jum’at, (13/02/2015)  di Aula Lantai 1 Gedung Balaikota Depok. Turut hadir Kasat Binmas Polresta Depok Kompol Suharto dan Kasi Intel Kodim Kota Depok Jarmadi.

“Semoga dari Rakor ini dapat terbentuk pola manajemen komunikasi dalam penanganan keamanan, karena akhir-akhir ini Jabodetabek rawan dengan isu kejahatan terutama lalu lintas,” ujar Nur Mahmudi.

Nur Mahmudi juga berpesan kepada Pokdar Kamtibmas agar tidak selalu bertindak represif, namun juga harus bersifat edukatif ke masyarakat. Memberikan pendidikan moral kepada masyarakat agar tidak melakukan hal yang berpotensi mengganggu kenyamanan dan keharmonisan juga perlu dilakukan oleh Pokdar Kamtibnas.

“Fungsi K3 harus ditingkatkan dan masyarakat harus lebih dilibatkan lagi dalam hal menciptakan keamanan,” ujarnya.

Pokdar Kamtibmas adalah singkatan dari Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Dimana Pokdar Kamtibmas itu adalah suatu kelompok masyarakat yang secara sukarela bermitra dengan Polri untuk melakukan kegiatan bersama dengan tujuan mengamankan dan menanggulangi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungannya masing-masing.

Sebagai Mitra Polri dan Petugas Keamanan setempat dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat agar kondusif, Pokdar Kamtibnas berfungsi untuk mendukung Polri dan  Petugas Keamanan setempat apabila terjadi kasus pelanggaran keamanan dan ketertiban yang memerlukan penanganan oleh pihak Kepolisian.

 

Penulis    : Rysko Susan
Editor     : Manapar Manullang

Bagikan post melalui :