fitriawan

depok.go.id- Maraknya pertumbuhan bisnis di tengah pertumbuhan ekonomi yang semakin baik, berhasil menciptakan persaingan pasar yang semakin ketat. Untuk itu, para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Depok dituntut untuk lebih berinovasi dan kreatif mengembangkan usaha mereka. Hal tersebut agar para pelaku UMKM terus memiliki daya saing dengan produk-produk dari luar.

“Saat ini persaingan di dunia bisnis semakin berat. Untuk itu perlu adanya kreativitas dan inovasi dari para pelaku UMKM dalam mengembangkan produknya,” kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro (DKUM), Mohammad Fitriawan kepada depok.go.id, belum lama ini.

Dikatakannya, untuk meningkatkan kapasitas bisnisnya, pelaku UKM diharapkan untuk menjalin kerja sama dengan sesama pelaku usaha. Sebab, dengan adanya kerja sama dapat memperkokoh usaha itu sendiri.

“Bisnis itu tidak bisa dilakukan sendiri tetapi harus berjejaring, harus menjalin relasi dengan lainnya guna berbagi informasi atau lainnya yang berkaitan dengan pengembangan usahanya,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, meskipun persaingan semakin ketat, tetapi para pelaku usaha perlu untuk tetap memperhatikan mutu produk-produknya. Mulai dari segi kelayakan pangan, kesehatan, hingga keamanan produk.

“Jangan sampai terlalu fokus pada persaingan, kualitas produk tidak diperhatikan. Untuk itu kita juga terus memberikan pelatihan-pelatihan yang bisa meningkatkan mutu produk para pelaku usaha,” pungkasnya.

Penulis : Jose Marques

Editor : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :