musrenbang tk kota2014Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma’il resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kota Depok Tahun 2014 di Kinasih Resort, Tapos Depok, Kamis (13/03/2014).  Musrenbang ini dilakukan dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Depok Tahun 2015.

Musrenbang tingkat kota ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu musrenbang RKPD di tingkat kelurahan, Musrenbang RKPD di tingkat Kecamatan, forum OPD, dan selanjutnya tingkat Kota Depok. Musrenbang ini dilaksanakan untuk menyelaraskan, mengklarifikasi, mempertajam, dan menyepakati prioritas pembangunan dan program atau kegiatan Daerah. Rencananya kegiatan yang bertema “Akselerasi Pencapaian Visi Kota Depok yang Makin Nyaman, Produktif, dan Demokratis” ini akan berlangsung selama dua hari, dimulai  13 hingga 14 Maret 2014 dengan undangan sebanyak 340 peserta.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kota Depok Rintis Yanto mengatakan bahwa pihaknya bersama seluruh anggota DPRD Kota Depok belum bisa menyetujui seluruh masukan yang diajukan. “Seluruh rancangan ini merupakan kebijakan dari DPRD. Saya atas nama kelembagaan menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat bahwa tidak semua masukan dapat disepakati,” tuturnya.

Rintis juga berharap agar tim yang merancang pembangunan untuk tahun 2015 harus benar-benar dipilah. Mana saja yang dibutuhkan masyarakat. Sehingga rencana pembangunan jangka menengah ke 3 tahun lalu, yang belum tercapai targetnya, dapat terealisasi di tahun ke 4 ini. Program utama yang harus diperhatikan yaitu dibidang pendidikan agar tidak ada lagi anak yang putus sekolah. Selain itu untuk pembangunan sekolah negeri dibeberapa kecamatan juga harus mulai dibangun tahun ini.

Senada dengan hal tersebut, Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma’il berpesan kepada seluruh peserta yang hadir agar mengajukan sarannya demi pembangunan di Kota Depok. “Untuk seluruhnya yang hadir saat ini, mohon sampaikan apa saja yang yang harus dilakukan pada proses pembangunan selanjutnya di Kota Depok. Sehingga forum Musrenbang ini bisa mencapai kesepakatan bersama terutama dalam penentuan kegiatan-kegiatan prioritas yang nantinya akan dituangkan dalam RKPD 2015,” ujar Orang Nomor Satu di Kota Belimbing ini.

Mantan Menteri Kehutanan di Era Abdurrahman Wahid ini juga mengajak seluruh elemen pembangunan yang ada di Kota Depok untuk senantiasa bersinergi demi membangun Kota Depok yang berkualitas. Sehingga apa yang sudah dicita-citakan bersama yaitu menciptakan Depok yang makin maju dan sejahtera dapat tercapai.

Musrenbang ini turut dihadiri oleh Kepala Bappeda Kota Depok Hardiono, Ketua DPRD Kota Depok Rintis Yanto, Perwakilan Bappeda Provinsi Jawa Barat Hani, Ketua Tim Penggerak PKK Nur Azizah Tamhid, Sekretaris Daerah Kota Depok beserta jajarannya, para Kepala Operasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Depok, Muspida, Instansi Vertikal di Kota Depok, Dandim Kota Depok, Kapolres Kota Depok, LPM, dan Karang Taruna. (indri/Diskominfo)

Bagikan post melalui :