SPT Pajak

URUS SPT PAJAK : Warga Depok melaporkan SPT di salah satu Mal di Depok.

depok.go.id- Demi mempermudah para wajib pajak perseorangan di Depok. KPP Pratama Depok Sawangan membuka pojok pajak di Mal atau Pusat Perbelanjaan. Hal tersebut disambut baik oleh warga Depok. Seperti yang dikatakan, Warga Perumnas Depok 1, Kecamatan Pancoran Mas, Asep mengatakan, program pojok pajak sangat membantu warga dari segi efisiensi waktu. Sebab, dirinya tidak perlu datang langsung ke Kantor KPP Pratama untuk pelaporan surat pemberitahuan tahunan (SPT).

“Awalnya saya datang ke mal untuk rekreasi bersama keluarga. Kebetulan ada pojok pajak, saya pun segera membuat laporan SPT. Karena saya sadar warga yang baik harus taat pajak,” kata Asep kepada depok.go.id, Senin (13/03/2017).

Serupa dengan Asep, Warga Kelurahan Pondok Cina, Budi Permana juga merasa terbantu dengan adanya pojok pajak di Pusat Perbelanjaan. Budi menuturkan, pelayanan KPP Pratama kepada warga Depok sangat baik untuk membantu masyarakat berperan terhadap pembangunan nasional melalui pajak, khususnya di Kota Depok.

 “Saya sangat terbantu, apalagi sudah ada e-Filing. Harapannya untuk pembayaran pajak, pelaporan SPT lebih baik menggunakan sistem online saja, agar lebih mudah dan cepat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Extensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Depok Sawangan, Rahmat menuturkan, untuk dapat merealisasikan pembangunan nasional harus menggali sumber dana dalam negeri berupa pajak. Karena itu, Direktorat Jenderal Pajak dibawah Kementrian Keuangan berupaya agar warga taat pajak melalui pojok pajak  yang rutin dilakukan setiap tahunnya oleh KPP Pratama.

“Upaya pojok pajak direalisasikan oleh KPP Pratama dalam bentuk pojok pajak yang rutin setiap tahun,” ucapnya.

Dalam pojok pajak warga mendapatkan pelayanan meliputi pembuatan, aktivasi efin (Electronic Filing Identification Number) dan konsultasi perpajakan termasuk konsultasi program AmnestI Pajak.

“Pojok pajak adalah upaya kami dalam mencapai target penerimaan pajak di Depok,” ujarnya.

Rahmat pun berharap dengan membuka pelayanan di pusat-pusat keramaian, masyarakat bisa memanfaatkan program tersebut tanpa harus datang ke KPP Pratama Depok. Diharapkan juga dapat meningkat kepatuhan masyarakat, dalam memenuhi kewajiban perpajakan, karena Pajak yang dibayarkan juga untuk kemajuan Kota Depok.

 

Penulis : Janet Swastika

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

 

Diskominfo

Bagikan post melalui :