PDAM asasta

Manajer Pemasaran PDAM Tirta Asasta Kota Depok, Sudirman. (Foto: Janet)

depok.go.id- PDAM Tirta Asasta Kota Depok akan membuat Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Kecamatan Cinere dan Limo. Penambahan IPA tersebut dimaksudkan agar masyarakat mendapatkan pelayanan air bersih secara menyeluruh.

Manajer Pemasaran PDAM Tirta Asasta Kota Depok, Sudirman mengatakan, kini rencana pembuatan IPA itu sudah dalam proses pengajuan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya.

“Pembangunan IPA di wilayah Cinere dan Limo akan memanfaatkan air dari Sungai Pesanggrahan, dengan berkapasitas 300 liter/detik,” katanya Kepada depok.go.id, Senin (13/03/2017).

Menurutnya, untuk realisasi pembuatan IPA masih menunggu keputusan dari SDA atau Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane (BBWSCC). Sebab, DKI Jakarta sudah melakukan pengambilan sumber daya air sekitar 750 liter/detik dari Sungai Pesanggrahan.

Lebih lanjut, Sudirman menuturkan, pembuatan IPA untuk Cinere, Limo ada dalam rencana bisnis PDAM Tirta Asasta. Sedangkan prosesnya sudah dalam bentuk usulan. Untuk itu, pihaknya berencana tahun 2018 agar segera terealisasi.

“PDAM Tirta Asasta akan lebih mempersiapkan diri dengan ketersediaan lahan dan pemanfaatan sumber daya air yang ada,” ucapnya.

Selain membuat IPA baru pada tahun 2018, pihaknya juga merencanakan melakukan penambahan kapasitas pada IPA Legong sebesar 670 liter/detik dan IPA Angke 100 liter/detik.

Diketahui IPA yang ada di Kota Depok saat ini berjumlah lima, antara lain IPA Legong 620 liter/detik, IPA Citayam 360 liter/detik, IPA Angke 100 liter/detik, IPA Duren Mekar 10 liter/detik dan IPA Bappenas Cinangka 5 liter/detik.

“Jika sudah bertambah menjadi 6 IPA. Kemudian untuk IPA yang berkapasitas kecil akan kita hentikan operasionalnya, ” tandasnya.

Penulis: Janet Swastika

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :