Kepala Bidang Perindustrian Disdagin Kota Depok, Martinho Vaz. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Demi memberikan jaminan mutu produk yang dihasilkan oleh pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Depok, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) secara rutin memfasilitasi pembuatan sertifikat halal. Untuk tahun 2019, terdapat 40 pelaku IKM yang akan difasilitasi.

“Jenis IKM yang kita fasilitasi bergerak di bidang kuliner seperti makanan dan minuman,” tutur Kepala Bidang Perindustrian Disdagin Kota Depok, Martinho Vaz kepada depok.go.id, Rabu (13/03/19).

Martin menjelaskan, IKM yang difasilitasi harus melengkapi beberapa persyaratan. Yaitu memiliki sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT), sertifikat Pelatihan Keamanan Pangan (PKP), dan berdomisili di Kota Depok.

“Fasilitas ini hanya untuk IKM yang memiliki produk baru dan belum difasilitasi sebelumnya,” ujarnya.

Martin menambahkan, sebelum difasilitasi, pihaknya akan menyosialisasikan terlebih dahulu kepada para pelaku IKM. Sosialisasi ini untuk memberikan informasi terkait berbagai hal yang perlu disiapkan dalam mengurus sertifikat halal.

“Sosialisasi rencananya dilakukan sesudah Lebaran. Setelah itu, baru kita menyeleksi IKM mana saja yang akan difasilitasi,” tandasnya.

Untuk diketahui, saat ini sudah sebanyak 70 IKM yang difasilitasi sertifikat halal oleh Disdagin Kota Depok. Dengan rincian, tahun 2017 sebanyak 30 IKM dan tahun 2018 sebanyak 40 IKM.

Penulis : Jose Marques

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :