Proses penyortiran dan pelipatan surat suara di gudang KPU Kota Depok di Jalang Tugu Raya, Kelurahan Tugu, belum lama ini. (Foto: dok. KPU).

depok.go.id-Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, mulai melakukan sejumlah persiapan. Termasuk di antaranya, menyiapkan logistik surat suara dengan melakukan penyortiran dan pelipatan terlebih dahulu.

“Sejak hari Senin yang lalu, kami sudah mulai melakukan kegiatan sortir, lipat surat suara sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 – 15.00 WIB di Gudang KPU yang berada di Jalan Tugu Raya, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis,” tutur Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna, kepada depok.go.id, Rabu (13/03/19).

Nana menyebutkan, jumlah keseluruhan surat suara yang dilakukan penyortiran dan pelipatan sebanyak  5.348.102 lembar. Pekerjaan ini melibatkan 400 orang pekerja.

“Para pekerja sortir lipat ini sebagian besar adalah warga Kota Depok. Dengan bayaran Rp 100 per lembar, selama 15 hari,” ujarnya.

Dia menambahkan, sebelum dilakukan penyortiran dan pelipatan, para pekerja telah diberikan penjelasan dan arahan mengenai tata tertib dan kriteria surat suara yang rusak. Dengan harapan para pekerja dapat menjalankan tugasnya dengan teliti dan bertanggung jawab.

“Sementara itu, untuk pendisitribusian surat suara ke setiap TPS akan dilaksanakan pada awal bulan April nanti,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :