Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok menggelar pelatihan budidaya perikanan dan pertanian yang diikut warga binaan Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) yang diselenggarakan di RW 10, Kelurahan Bojong Pondok Terong, Cipayung, Rabu (13/03/2019). (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok memberikan pelatihan budi daya perikanan kepada warga binaan di lokasi Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS). Pelatihan berbasis Sistem Integrasi Tanaman Ternak (SITT) tersebut, ditujukan untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

“Karena terbatasnya lahan di lokasi P2WKSS, kami akan mengembangkan budi daya ikan sekaligus ternak dengan metode SITT. Jadi, selain air kolam untuk kebutuhan ikan, juga digunakan untuk menghidupi tanaman di atasnya,” ujar Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPPP, Hermin Kusmiati, di lokasi P2WKSS RW 10, Kelurahan Bojong Pondok Terong (Boponter), Kecamatan Cipayung, Rabu (13/03/19).

Adapun jenis ikan yang digunakan adalah ikan nila dan ikan lele. Sedangkan untuk tanamannya adalah pakcoy, selada, seledri, sawi, kangkung dan lain-lain.

“Dengan metode ini, ikan bisa dipanen sekitar 52 kg setiap tiga bulan dan sayuran sekitar 6,2 kg setiap 2,5 bulan,” katanya.

Hermin berharap, kegiatan pelatihan bisa meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat. Sehingga nantinya, tercipta kemandirian pangan yang berguna memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Mudah-mudahan hasil pelatihan ini bisa dijadikan sebagai usaha sampingan, untuk meningkatkan ekonomi warga binaan P2WKSS,” ucapnya.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :