Kegiatan LCM B2SA Tingkat Kecamatan Panmas, belum lama ini. (Foto : Dok. Kec. Panmas)

depok.go.id – Sejumlah persiapan yang cukup matang, membuat PKK Kecamatan Pancoran Mas (Panmas) optimis memenangkan lomba Cipta Menu (LCM) Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) se-Kota Depok. Untuk lomba yang akan diadakan tanggal 23 April 2018 di Aula Balai Kota Depok tersebut, Kecamatan Panmas diwakili kader PKK dari Kelurahan Rangkepanjaya.

“Kami sebelumnya sudah melakukan LCM B2SA antar-kelurahan di Kecamatan Panmas. Hasilnya, Kelurahan Rangkepanjaya keluar sebagai juara, mengalahkan lima kelurahan lainnya. Kami optimis menang dan berusaha menampilkan semaksimal mungkin,” ujar Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Panmas, Eka Susianah, Sabtu (14/04/18).

Untuk persiapan lomba, kata Eka, pihaknya terus melakukan pembinaan seperti memberikan masukan dan arahan sekaligus praktik. Sehingga pada saat lomba tingkat kota, PKK kelurahan bisa menyajikan menu olahan B2SA yang berkualitas dan memenuhi nilai kalori.

“Saat ini masih terus kita lakukan pembinaan. Peserta nantinya harus menyajikan makanan dengan memperhatikan nilai gizi yang dikonsumsi baik karbohidrat, protein,  lemak, vitamin dan mineralnya,” terangnya.

Selain itu, lanjutnya, makanan yang dikonsumsi harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh menurut jenis kelamin, usia dan aktivitas. Makanan juga harus dipastikan tidak membahayakan tubuh ketika dikonsumsi.

“Jadi penekanannya pada susunan makanan untuk dikonsumsi seseorang, sekali makan atau untuk sehari menurut waktu makan. Misal pagi, siang dan sore atau malam yang mengandung zat gizi seimbang. Sesuai dengan kemampuan masyarakat, serta aman untuk dikonsumsi. Hal-hal itu yang terus kita tekankan,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :