Ilustrasi petugas kearsipan saat melakukan penataan arsip. (Foto: Istimewa)

depok.go.id – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok kembali melakukan penataan arsip dinamis dan arsip statis di Kota Depok. Untuk saat ini penataan arsip dilakukan di 10 kelurahan yang ada di Kecamatan Beji dan Cimanggis.

Kepala Bidang Kearsipan Diskarpus Kota Depok, Lizanova mengatakan, penataan arsip ini dibagi menjadi tiga tahap. Untuk tahap pertama penataan sudah dilakukan pada awal tahun 2019, tahap kedua mulai dilakukan Juli hingga September mendatang, kemudian akan dilakukan kembali pada akhir tahun ini.

“Targetnya tahun ini ada 22 kelurahan yang akan kami dampingi untuk penataan arsipnya,” tuturnya kepada depok.go.id, belum lama ini.

Lebih lanjut, ucapnya, untuk tahapannya, Diskarpus menurunkan 20 orang pengelola arsip dengan didampingi oleh lima arsiparis. Pengelola arsip ini akan merapikan arsip yang dimulai saat arsip masih kondisinya berantakan, kemudian melakukan penataan arsip, dilanjutkan dengan tahap pemilahan arsip.

“Setelah dilakukan pemilihan, arsip akan langsung diinput, untuk selanjutnya tahap pengelompokan arsip ke dalam amplop cokelat. Arsip yang sudah rapi, akan masuk ke dalam boks arsip,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, di setiap kelurahan tidak semua bidang dibantu merapikan arsipnya. Hanya di masing-masing sekretariat Perangkat Daerah saja. Melalui penataan arsip ini diharapkan mampu mempermudah pencarian arsip, jika nantinya dibutuhkan.

“Kami berikan informasi dalam merapikan arsipnya. Setelah itu dilanjutkan oleh petugas kelurahan agar ke depannya dapat lebih mudah dalam mencari arsip yang dibutuhkan,” pungkasnya.

Penulis: Indri Purnama

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :