Sejumlah fasilitas bermain yang ramah anak di Kelurahan Curug. (Foto: Istimewa)

depok.go.id – Guna mewujudkan Depok sebagai Kota Layak Anak (KLA), Kelurahan Curug terus meningkatkan jumlah Rukun Warga (RW) Ramah Anak. Pasalnya, RW Ramah Anak merupakan salah satu indikator pembentukan KLA yang merupakan program di Kota Depok.

Lurah Curug, Bambang mengatakan, saat ini di wilayahnya telah terbentuk sembilan RW Ramah Anak. Diantaranya RW 1, RW 2, RW  3, RW 4, RW 5, RW 7, RW 9, RW 10 dan RW 11.

“Masih ada dua RW yang belum terbentuk. Yaitu RW 6 dan RW 8 maka kami terus melakukan berbagai upaya agar segera terbentuk,” tuturnya kepada depok.go.id, Kamis (13/06/2019).

Bambang mengatakan, demi meningkatkan jumlah RW Ramah Anak, pihaknya terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui ketua RT-RW pada setiap kegiatan. Sebab, menurutnya, dalam pembentukan RW Ramah Anak membutuhkan kesiapan serta partisipasi aktif dari semua elemen masyarakat.

“Selain sosialisasi, kami juga memberikan bimbingan untuk membentuk struktur RW Ramah Anak, baik kepada para ketua RW maupun kader PKK,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, terdapat lima kluster dalam pembentukan RW Ramah Anak. Pertama, pemenuhan hak sipil dan kebebasan. Kedua, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif. Ketiga, kesehatan dan kesejahteraan dasar. Keempat, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya. Kelima, perlindungan khusus.

“Kami targetkan tahun ini semua RW sudah terbentuk sebagai RW Ramah Anak,” tandasnya.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :