Ilustrasi Petugas Kesehataan saat memberikan edukasi kesehatan kepada lansia. (Foto: Istimewa)

depok.go.id – Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Harjamukti rutin memantau kesehatan warga lanjut usia (lansia). Pemantauan tersebut dilakukan sebagai langkah dalam mengetahui tingkat kesehatan lansia di Kelurahan Harjamukti.

Kepala Puskesmas Harjamukti Rahma Dewi mengatakan, pihaknya rutin memantau kesehatan lansia saat pelaksanaan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di setiap wilayah. Pemeriksaan dilakukan langsung oleh tenaga kesehatan Puskesmas yang datang ke lokasi tersebut.

“Lansia kerap datang ke Posyandu dan Posbindu untuk memeriksakan kesehatan, kami juga selalu mengingatkan untuk rutin cek kesehatan,” tuturnya kepada depok.go.id, Kamis (13/06/2019).

Lebih lanjut, ucapnya, pemeriksaan khusus lansia juga dilakukan di Puskesmas. Melalui program pengelolaan penyakit kronis (Prolanis), bagi peserta BPJS Kesehatan ada pemeriksaan laboratorium oleh kimia farma setiap enam bulan sekali.

“Kami juga ada senam bersama lansia agar kebugaran mereka tetap optimal,” katanya.

Terakhir, Rahma Dewi berharap dengan upaya yang dilakukan dalam maksimal memantau kesehatan lansia. Tentunya sebagai langkah dalam mewujudkan lansia tangguh dan sehat di Kota Depok.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :