Salah satu petugas Puskesmas Sawangan saat memperagakan gerakan CTPS pada warga di Posbindu Mawar 3, Kelurahan Sawangan. (Foto: Istimewa)

depok.go.id – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan memberikan penyuluhan pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Posbindu Mawar 3, RW 05, Kelurahan Sawangan. Berbagai materi seputar CTPS diberikan kepada masyarakat sekitar Posbindu.
Kepala UPT Puskesmas Sawangan, Winarni Naweng Triwulandari mengatakan, sejumlah manfaat CTPS diberikan untuk warga RW 05 Sawangan. Diantaranya untuk pencegahan penularan penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri yang merugikan. Selain itu dengan CTPS di air mengalir terbukti lebih bersih dibandingkan dengan menggunakan tisu basah atau hand sanitizer.
“Program CTPS sangat penting karena tangan merupakan media utama pernularan bakteri. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan cuci tangan pakai sabun terbukti menekan angka kematian,” terang Naweng, sapaan akrabnya, kepada depok.go.id, belum lama ini.
Dikatakan Naweng, ada lima waktu penting yang harus diperhatikan dalam melakukan CTPS. Antara lain setelah dari jamban, setelah membersihkan anak yang buang air besar, dan sebelum menghidangkan makanan.
Selanjutnya, sambungnya, mencuci tangan pakai sabun dilakukan sebelum makan karena makanan yang masuk ke mulut melalui tangan. Tidak hanya itu, CTPS harus dilakukan setelah memegang hewan atau binatang dan benda kotor.
“Kami berikan penyuluhan ini tidak hanya menggunakan media leaflet. Jadi kami peragakan secara langsung dan memutarkan video langkah-langkah CTPS kepada warga,” pungkasnya.
Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Retno Yulianti
Diskominfo
Bagikan post melalui :