depok.go.id – Sekretaris Jenderal Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Dhanang Sasongko menilai sistem perlindungan anak yang ada di Kota Depok sudah bagus. Terbukti dari responsifnya Kota Depok saat ada kekerasan pada anak, semua bisa ditangani dengan cepat.

Menurut Danang, status Kota Layak Anak (KLA) tingkat Nindya yang disematkan ke Kota Depok hal itu didasarkan pada penilaian indikator yang sudah ditentukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA). Meskipun begitu, bukan berarti di Depok tidak ada kekerasan sama sekali yang terjadi.

“Status KLA bukan berarti tidak ada kekerasan, tetapi bagaimana saat ada kekerasan respons itu bisa diselesaikan dengan cepat, dan Depok sudah memiliki sistem yang sangat baik,” ujar Dhanang, di Balai Kota Depok, Jumat (13/07/2018).

Dirinya juga mengungkapkan berbagai pelatihan yang diperuntukkan bagi para konselor yang berada di tingkat kelurahan, sekolah, bahkan RW sudah sangat bagus sekali. Semua komponen ini, kata Danang, bisa dioptimalkan dalam mengajak masyarakat untuk sama-sama peduli dengan perlindungan anak.

“Bahkan, di Depok sudah ada relawan di setiap RW dan kelurahan. Nah, itu bagus sekali, sehingga nanti masyarakat tidak akan kesulitan melaporkan apabila ditemui kekerasan terhadap anak di wilayahnya  masing-masing,” pungkas Dhanang.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :