Puluhan ekor kuda untuk perhelatan akbar Asian Games XVIII Jakarta dan Palembang 18 Agustus 2018, telah tiba secara bertahap. Sebanyak 12 di antaranya, telah dikarantina di Arthayasa Stables, Limo Depok.

“Kami sudah karantina kuda tersebut sejak kedatangan kuda pada tahap pertama yaitu 29 Juli 2018. Saat ini sedang berada dalam pengawasan kami, bekerja sama dengan Badan Karantina Pertanian dari Kementerian Pertanian (Kementan),” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, Dede Zuraida, di ruang kerjanya, Senin (13/08/18).

Dikatakannya, dari 12 kuda yang dikarantina, 2 ekor diketahui berasal dari Tiongkok. Selain itu, masih akan datang lagi 38 ekor kuda dari Eropa pada 14 Agustus.

Nantinya, kata Dede, kuda pacu tersebut akan bertanding di Jakarta Internasional Equestrian Park Pulomas (JIEPP). Sebelum bertanding, pengawasan dilakukan guna menjamin kuda-kuda yang akan berlaga di ajang Asian Games 2018 sehat serta sesuai dengan standar Zona Bebas Penyakit Kuda (EDFZ).

“Kami hanya memastikan dan menjamin kuda-kuda tersebut bebas dari penyakit kuda. Untuk jumlah yang dikarantina di Kota Depok, semua menjadi kewenangan Badan Karantina Pertanian,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :