depok.go.id – Mencuci tangan adalah kegiatan membersihkan bagian telapak, punggung tangan dan jari agar bersih dari kotoran. Mencuci tangan dapat membunuh kuman penyebab penyakit yang merugikan kesehatan manusia serta membuat tangan menjadi harum.

Banyak orang yang menyepelekan dan melupakan aktivitas mencuci tangan setelah melakukan suatu pekerjaan maupun sebelum makan, sehingga mereka berisiko terserang penyakit yang berasal dari kuman di tangan.

Khaerudin, salah satu anggota Tim Pembina UKS Kota Depok mengatakan, untuk hasil yang maksimal disarankan mencuci tangan dengan baik, tidak terburu-buru, serius, serta teliti, yaitu minimal dilakukan selama 20 detik. 

“Dengan mencuci tangan yang bersih dan teratur dapat menjauhkan kita dari virus, bakteri, dan kuman penyebab penyakit yang umumnya menyerang sistem pencernaan tubuh kita,” ujarnya saat menghadiri kegiatan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SDN Cilangkap 2, Tapos Depok, Selasa (13/10/15).

Dia menambahkan, salah satu penyakit yang biasa diakibatkan oleh kuman yang ikut masuk ke dalam tubuh manusia bersama makanan adalah sakit perut dan diare. Selain disebabkan oleh kuman penyakit, diare juga dapat ditimbulkan oleh kekurangan cairan tubuh alias dehidrasi (kurang minum).

Pria paruh baya itu mengimbau kepada seluruh siswa maupun masyarakat agar mencuci tangan dengan menggunakan sabun cair, tidak dianjurkan menggunakan sabun batangan.

“Sabun batang boleh, asal digunakan untuk sendiri, tidak bergantian. Setelah itu, bawalah sapu tangan sendiri, jangan menggunakan tisu karena tisu hanya akan menjadi limbah yang sulit diolah sehingga menumpuk kuman dan menjadi sumber penyakit,” tutur pria yang kerap disapa khaer.

Lebih lanjut, dirinya berpesan jika tidak ada media yang bisa mengeringkan tangan, sebaiknya air tersebut dikibas-kibaskan ke tumbuhan dan menunggu tangan kering dengan sendirinya. (Vidyanita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :