phbs_1

Nur Azizah Tamhid memberikan pengarahan kepada warga Kec. Cipayung, Depok, dalam acara penyuluhan tentang perilaku hidup bersih dan sehat dan kebersihan lingkungan pada selasa (13/10/2015). (DISKOMINFO-Dewa Aji Panggalih)

phbs_2

Istri walikota Depok, Nur Azizah Tamhid memberikan penjelasan mengenai bahayanya Narkotika dalam acara penyuluhan tentang bahaya Narkoba dan pornografi di Kec. Cipayung, Depok, pada hari Selasa (13/10/2015). (DISKOMINFO-Dewa Aji Panggalih)

phbs_3

Suasana penyuluhan tentang perilaku hidup bersih dan sehat dan kebersihan lingkungan pada hari selasa (13/10/2015) di Kec. Cipayung, Depok. (DISKOMINFO-Dewa Aji Panggalih)

depok.go.id – TP PKK Kota Depok menggelar penyuluhan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di RW 07, Cipayung, Depok, Selasa (13/10/2015) siang. Lokasi tersebut merupakan wilayah yang terpilih pada program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) tahun 2015.

Anggota Pokja IV PKK Kota Depok, Melina, mengatakan bahwa setiap warga di lingkungan RW 07 ini harus mulai menerapkan PHBS di lingkungan tempat tinggal masing-masing, sehingga tidak mudah terjangkit penyakit. 

“PHBS itu penting untuk diketahui dan kemudian diimpelentasikan untuk kesehatan bersama,” tuturnya saat memberikan pemaparan kepada KK binaan di lokasi P2WKSS tersebut.

Dalam hal ini, PHBS sendiri memiliki sepuluh indikator yang harus dilakukan oleh setiap masyarakat. Adapun indikator tersebut, yaitu proses persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi ASI eksklusif, menimbang bayi dan Balita, menggunakan air bersih, serta mencuci tangan dengan air bersih dan sabun.

Selanjutnya, indikator yang terdapat pada PHBS, yaitu menggunakan jamban sehat, pemberantasan jentik nyamuk, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan tidak merokok di dalam rumah.

“Ibu-ibu harus tegas dan sigap dalam melakukan perilaku hidup bersih dan sehat agar kesehatan keluarganya terus terjaga,” tambah Melina.

PHBS sendiri merupakan sebuah bentuk perwujudan paradigma sehat dalam budaya perorangan, keluarga, dan masyarakat yang berorientasi sehat. Adapun tujuan PHBS adalah untuk meningkatkan, memelihara, dan melindungi kesehatan masyarakat, baik fisik, mental, spiritual, maupun sosial. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :