seminar pendidikan keluarga

Bunda Elly Farida Selaku Bunda Paud Se-Kota Depok mengahadiri sekaligus menjadi salah satu narasumber dalam acara Seminar Pendidikan Keluarga yang digelar PKG Paud Cermat Kecamatan Cimanggis di Aula Kantor Kecamatan Cimanggis, Senin (13/11/2017). (Foto : Asyril/Diskominfo)

depok.go.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok saat ini sedang gencar menyosialisasikan program ketahanan keluarga di seluruh lapisan masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan peran aktif dari berbagai pihak, termasuk peran dari para anggota komite yang ada di setiap sekolah.

Bunda PAUD Kota Depok, Elly Farida mengatakan, keberadaan komite sekolah tidak hanya berperan dalam mengawasi mutu pendidikan di masing-masing sekolah saja. Namun, komite sekolah juga harus menjalin sinergitas dengan setiap unsur masyarakat untuk menciptakan ketahanan keluarga di Kota Depok.

“Adanya anggota komite di sekolah harus menjadi semangat untuk menjalin kebersamaan melalui penguatan parenting dan konsultasi di masing-masing sekolahnya,” kata Elly Farida kepada depok.go.id, usai menjadi pembicara di Seminar Pendidikan Keluarga yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Cimanggis, Senin (13/11/2017).

Lebih lanjut, wanita yang juga menjadi Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Depok tersebut menuturkan, para anggota komite sekolah juga harus terlibat dalam menyosialisasikan pentingnya program ketahanan keluarga. Sosialisasi dapat dilakukan dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan di sekolah.

“Jadi mereka juga harus secara massif menyampaikan kepada para orangtua lainnya, bahwa peran keluarga menjadi modal penting untuk mencegah terjadinya praktek kekerasan terhadap anak, atau antar anggota keluarga lainnya,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, dengan peran aktif dari komite sekolah, maka akan semakin banyak pihak yang terlibat untuk mendorong terwujudnya program ketahanan keluarga di Depok. Sehingga, dirinya berharap, Kota Depok dapat menjadi kota yang bersahabat dengan anak dan keluarga.

“Kami saat ini menjadi satu-satunya kota yang sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) untuk mendukung terciptanya ketahanan keluarga. Karena itu, dengan banyak pihak yang turut aktif dalam hal ini, maka akan semakin menguatkan tujuan dari Pemkot Depok untuk menciptakan kota yang ramah bagi keluarga,” tandasnya.

Penulis : Guntur Widyanto

Editor : Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo.

Bagikan post melalui :