Dua Organisasi Profesi di Depok saat menandatangani Komitmen Dukung Program Germas pada peringatan Hari Kesehatan Nasional Tingkat Kota Depok di halaman Balai Kota Depok, Selasa (13/11/18). (Foto: Bima/Diskominfo).

depok.go.id- Sebanyak dua Organisasi Profesi di Depok Komitmen Dukung Program Germas. Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya mendukung program kesehatan di Depok demi mewujudkan Smart Healthy City.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita, komitmen tersebut dilakukan karena adanya kesiapan dari elemen terkait untuk mengimplementasikan program kesehatan. Terlebih, implementasi lewat penandatanganan komitmen itu juga sesuai dengan program yang ada di Kota Depok.

“Alhamdulillah, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Persaudaraan Muslimah (Salimah) yang ada di Kota Depok siap untuk mewujudkan program kesehatan,” tutur Novarita saat acara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tingkat Kota Depok di lapangan Balai Kota, Selasa (13/11).

Dikatakan Novarita, ada empat komitmen yang disetujui dalam penandatangan tersebut. Adapun isi komitmen meliputi kesiapan dalam menerapkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di lingkungan kerja sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Kemudian, melaksanakan instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017, Surat Edaran Gubernur Jawa Barat Nomor 440/26/Yanbangsos dan Surat Edaran Wali Kota Depok Nomor 440/0416-Pemb tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Selanjutnya, komitmen lainnya juga siap untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan kerja sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor : 2269/MENKES/PER/XI/2011. Tak hanya itu, komitmen lainnya adalah mendukung penyelenggaraan kabupaten/kota sehat sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 dan Nomor 113/MENKES/PB/VIII/2005.

“Semoga dengan komitmen yang dilakukan ini semakin banyak organisasi lainnya yang menerapkan program kesehatan di lingkungannya. Sebab, semua ini demi kesehatan bersama,” pungkasnya.

Penulis : Indri Purnama
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo

Bagikan post melalui :