Kepala Bidang Pelatihan Produktifitas dan Bina Lembaga Pelatihan Kerja Disnaker Kota Depok Tri Asusti. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok rencananya akan mengadakan pelatihan komputer untuk 50 peserta. Pelatihan ini dilaksanakan sebagai bentuk perhatian dan fasilitas dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok kepada masyarakat usia produktif yang tertarik berwirausaha dengan sistem toko dalam jaringan (daring)/online shop.

“Minggu depan, kami akan mengadakan pelatihan komputer. 50 peserta yang hadir, nantinya merupakan usulan dari kelurahan. Kita fokuskan untuk pelatihan bisnis online atau online shop, karena kan saat ini sedang booming,” ujar Kepala Bidang Pelatihan Produktivitas dan Bina Lembaga Pelatihan Kerja Disnaker Kota Depok, Tri Asusti, di ruang kerjanya, Rabu (13/11/2019).

Beberapa syarat yang diajukan Disnaker untuk mengikuti pelatihan ini, kata Tri, antara lain masyarakat ber-KTP Depok, tidak sedang bekerja maupun menempuh pendidikan dan usia produktif atau 18-40 tahun.

“Peserta akan mengikuti pelatihan selama 10 hari kerja. Tentunya dibimbing dengan mentor yang telah memiliki sertifikasi uji kompetensi pendidikan komputer,” katanya.

Selain pelatihan, Disnaker juga akan memfasilitasi peserta dengan pembuatan kartu kuning atau AK1 secara gratis. Diharapkan, selepas pelatihan peserta bisa bekerja di perusahaan maupun berwirausaha.

“Penyaluran tenaga kerja juga mudah-mudahan bisa kami fasilitasi. Namun, bagi yang belum tersalurkan, diharapkan bisa membuka usaha sendiri atau berwirausaha. Karena soft skill dan hard skill sudah kami tanamkan saat pelatihan berlangsung,” tutupnya.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih

Bagikan post melalui :