ilustrasi vaksin

Ilustrasi pelaksanaan imunisasi. (Foto : Jose/Diskominfo)

depok.go.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tengah gencar melaksanakan program Outbreak Response Immunization (ORI) yang diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan guna menanggulangi penyakit difteri. Untuk menyukseskan hal tersebut, Camat Tapos, Muchsin Mawardi mengimbau kepada warganya agar dapat mengikuti imunisasi tersebut.

“Kami mengajak kepada warga Tapos yang mempunyai anak-anak usia 1 hingga 19 tahun untuk mengikutsertakan dalam imunisasi. Program ORI akan memberikan vaksin dengan ketentuan DPT-HB-Hib bagi usia 1 tahun sampai dengan 5 tahun, DT usia 5 tahun sampai dengan 7 tahun, serta Td usia 7 tahun sampai dengan 19 tahun,” jelas Muchsin kepada depok.go.id, Rabu (13/12/2017).

Dikatakannya, dirinya juga mengimbau kepada warga Tapos agar segera melaporkan kepada petugas kesehatan apabila menemukan warga yang terindikasi terjangkit penyakit tersebut. Hal tersebut, sambungnya bertujuan untuk meminimalisir resiko yang lebih besar lagi dari penderita tersebut.

“Bila ada warga yang mengalami gejala penyakit difteri agar segera melaporkan dan akan ditindaklanjuti untuk segera dilakukan pemeriksaan ke dokter,” katanya.

Muchsin menambahkan, pihaknya juga akan terus mensosialisasikan mengenai pentingnya imunisasi difteri kepada masyarakat. Melalui upaya tersebut, diharapkan tidak ada warga Tapos yang menolak untuk mengikutsertakan anaknya dalam imunisasi difteri.

“Kami akan terus melakukan pendekatan dan pemahaman tentang pentingnya pencegahan penyakit difteri. Salah satunya, dengan mengikuti program ORI tersebut,” tutupnya.

Penulis : Guntur Widyanto
Editor : Retno Yulianti dan Rita Nurlita
Diskominfo

Bagikan post melalui :