depok.go.id-Sebanyak tiga Kepala Keluarga (KK) asal Kota Depok mengikuti program transmigrasi ke Kabupaten Gorontalo utara, Provinsi Gorontalo.  Rombongan dilepas dan diantar langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok, Manto.

“Selain sebagai bentuk apresiasi, dalam pelepasan tersebut juga dirangkai dengan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara. Maka dari itu, kami ikut mendampingi dan melepas langsung, belum lama ini,” ujar Manto, di ruang kerjanya, Jumat (13/12/19).

Dikatakannya, isi MoU yang ditandatangani adalah penyerahan warga Depok kepada Pemkab Gorontalo Utara. Karena nantinya, status kependudukan transmigran akan berubah menjadi warga Gorontalo Utara.

“Tiga KK yang kita kirim ke lokasi transmigrasi, jumlah anggota keluarganya mencapai 12 jiwa. Mereka sudah melalui proses seleksi yang cukup ketat,” terangnya.

Manto menyebutkan, nantinya transmigran tersebut akan bercocok tanam di atas lahan yang sudah disediakan. Adapun beberapa jenis tanaman yang bisa ditanam antara lain cengkeh, sayuran, lada, jagung, dan lainnya.

“Sudah disediakan lahannya, transmigran tinggal menggarap,” jelasnya.

Dirinya berharap, warga Depok yang dikirim mampu mengubah wajah Kota Gorontalo yang tertinggal, menjadi kota yang maju dan sejahtera.

“Kami ikut bangga jika warga Depok bisa berkontribusi untuk membangun kota tertinggal. Mudah-mudahan peserta yang kami kirim merupakan putra putri terbaik yang memiliki peran sangat besar dalam mengurangi kesenjangan,” pungkasnya.

Penulis : Vidyanita

Editor  : Jose Marques

Diskominfo

Bagikan post melalui :