Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok, Manto. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Warga Kota Depok yang mengikuti program transmigrasi ke Kabupaten Gorontalo Utara akan mendapatkan berbagai fasilitas dari pemerintah khususnya Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia (RI). Seperti rumah, lahan untuk bercocok tanam dan biaya hidup selama satu tahun pertama.

“Transmigran yang  kami kirim ke Gorontalo Utara akan mendapatkan berbagai fasilitas. Yaitu  rumah dengan luas kurang lebih 300 sampai 500 meter persegi, lahan untuk bercocok tanam serta biaya hidup. Termasuk biaya anak sekolah jika membawa keluarga,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok, Manto, di ruang kerjanya,Jumat (13/12/19).

Dikatakannya, lahan untuk bercocok tanam yang diberikan juga cukup luas. Yaitu antara 1 sampai 1,5 hektare. Beserta bibit tanaman dan pupuknya.

“Luasan lahan cocok tanam bisa saja bertambah, jika transmigran mampu meningkatkan ekonomi dari panen yang dihasilkan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo menjanjikan itu,” ucapnya.

Selain itu, kata Manto, Pemkab Gorontalo Utara juga akan melakukan perbaikan fasilitas publik. Seperti peningkatan jalan sebagai akses utama menuju lahan, sekolah, serta beberapa fasilitas lainnya yang dibutuhan.

“Jarak dari rumah tinggal ke lahan yang digarap, sekitar 1 kilometer dan saat ini memang kondisinya belum baik. Pemkab Gorontalo akan melakukan perbaikan,” kata Manto.

Untuk diketahui, Disnaker Kota Depok mengirimkan tiga Kepala Keluarga (KK) asal Depok dengan jumlah anggota keluarga mencapai 12 jiwa ke Kabupaten Gorontalo Utara. Tiga KK tersebut akan mengikuti program transmigrasi dari Kemnaker RI dan menetap di Gorontalo.

Penulis: Vidyanita

Editor : Jose Marques

Diskominfo

Bagikan post melalui :