Kepala UPT Puskesmas Limo, Elin Herlina. (Foto : Janet/Diskominfo)

depok.go.id-Kepala UPT Puskesmas Limo, Elin Herlina menegaskan, pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) harus dimulai dari rumah sendiri. Sebab, menurutnya kunci pencegahan tersebut adalah dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara mandiri.

“Sekarang memasuki musim hujan, di mana akan banyak genangan air yang menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak. Meski di Puskesmas dan di kelurahan telah ada Juru Pemantau Jentik (Jumantik), tetap harus ada kesadaran masyarakat sendiri,” ujarnya kepada depok.go.id, Senin (14/01/19).

Dikatakannya, PSN yang paling mudah dilakukan adalah dengan memperhatikan tempat-tempat sarang nyamuk berada. Baru kemudian masyarakat bisa melakukan (3 M) yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur barang-barang yang tidak terpakai.

“Di Limo sendiri sudah ada permintaan fogging untuk membasmi induk nyamuk yang masih bertebaran. Namun, hal itu akan sia-sia jika sarang nyamuk dibiarkan begitu saja,” katanya.

Elin menambahkan, personel Jumantik di Puskesmas Limo terus melakukan pemantauan. Sekaligus terus mengedukasi agar masyarakat mau peduli terhadap kesehatan, terutama menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari DBD.

“Mudah-mudahan di Limo tidak ada yang terjangkit DBD, dan upaya ini bisa menekan angka kesakitan dari penyakit DBD,” ucapnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :