Sertifikat Imunisasi di UPT Puskesmas Cilodong. (Foto: Jose/Diskominfo).

depok.go.id-Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cilodong menyediakan sertifikat imunisasi bagi anak usia 0-5 tahun yang telah dinyatakan lulus Imunisasi Dasar Lengkap (IDL). Sertifikat tersebut, nantinya bisa digunakan untuk mendaftarkan anak sekolah di jenjang Taman Kanak-kanak (TK).

Kepala UPT Puskesmas Cilodong, Ambar Wijajanti mengatakan, pengadaan sertifikat imunisasi tersebut guna mempermudah bagi anak usia balita yang baru mendaftar masuk sekolah. Pasalnya,  saat ini beberapa sekolah memberlakukan sertifikat imunisasi sebagai salah satu syarat masuk sekolah.

“Syarat ini diberlakukan oleh beberapa sekolah guna mencegah adanya siswa yang terkena difteri, polio, dan lainnya saat bersekolah di sekolah tersebut,” ujar Ambar di kantornya, Senin (14/01/19).

Dikatakannya, IDL terdiri dari bebebera jenis imunisasi. Di antaranya, imunisasi Hepatitis B, Bacillus Calmette-Guérin (BCG), Polio (bOPV) 1, DPT-HB-Hib 1, Polio (bOPV) 2, DPT-HB-Hib 2, Polio (bOPV) 3, DPT-HB-Hib 3, Polio 4, Inactivated Polio Vaccine (IPV), Measles and Rubella (MR), DPT-HB-Hib 4, dan MR lanjutan.

“Biaya IDL ini cukup terjangkau, hanya Rp 10.000,” katanya.

Dia menambahkan, agar informasi ini dapat diketahui secara luas, pihaknya akan rutin menyosialisasikan kepada masyarakat. Baik melalui media sosial maupun pada berbagai forum pertemuan warga.

“Hingga saat ini sudah ada sembilan anak yang telah mengikuti IDL di Puskesmas Cilodong,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :