depok.go.id-Dua pekan menjabat sebagai Kepala UPT Puskesmas Limo, Elin Herlina, langsung bergerak cepat untuk memaksimalkan sejumlah program. Salah satunya dengan melakukan Survei Mawas Diri (SMD) terkait kondisi kesehatan masyarakat Kecamatan Limo.

“Sejumlah kegiatan memang harus segera dilaksanakan. Januari 2019 ini kami akan melakukan SMD untuk persiapan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD), untuk diusulkan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) maupun Forum Perangkat Daerah,” ujar Elin kepada depok.go.id, Senin (14/01/2019)

Dikatakannya, SMD adalah upaya Puskesmas untuk mengidentifikasi masalah kesehatan yang melibatkan masyarakat. Pada prosesnya, masyarakat diminta mengajukan permasalahan kesehatan yang mereka rasakan.

“Jadi mereka sendiri yang mengajukan hal-hal apa saja yang dibutuhkan, serta solusi apa yang mereka inginkan kepada layanan kesehatan. Hasil dari SMD menjadi dasar Puskesmas menyusun pemecahan masalah kesehatan,” katanya.

Dirinya menambahkan, dengan SMD program-program prioritas dapat disusun secara baik. Tentunya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Baik program internal Puskemas seperti pengembangan pelayanan serta program eksternal seperti program penyuluhan, serta deteksi penyakit menular dapat tersusun dengan baik sesuai dengan skala prioritas untuk dilakukan pada 2020 dan 2021,” ucapnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :