puskesmas

Ambulans siap melayani warga yang mebutuhkan pelayanan medis di Puskesmas Kecamatan Tapos. (Foto : Agus/Diskominfo)

depok.go.id – Pemerintah lewat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2017, telah menetapkan tanggal 15 Februari 2017 sebagai hari libur nasional. Meskipun begitu, layanan kesehatan di Depok termasuk Puskesmas tetap beroperasi normal, sehingga tidak mengurangi frekuensi pelayanan kesehatan kepada warga.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Depok, Ernawati Sulistijaningrum Sanjoto mengatakan, saat libur nasional, pelayanan kesehatan di seluruh Puskesmas tingkat kecamatan berjalan normal.

Menurutnya, masyarakat tidak usah khawatir, karena pelayanan medis Puskesmas tetap bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Kita sudah menempatkan petugas kesehatan di semua Puskesmas kecamatan,” ujarnya, Selasa (14/02/2017).

Dikatakannya, pelayanan Puskesmas tingkat kecamatan di Depok saat ini sudah beroperasi 24 jam. Sedangkan tenaga medis yang bertugas seperti, dokter, perawat, bidan, serta petugas laboratorium dibagi berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan. Dengan begitu, jika terjadi keadaan darurat akan cepat ditangani.

“Petugas medis yang berada di puskesmas kecamatan di bagi per shift, setiap shift rata-rata 5 orang yang bertugas,” jelasnya.

Pihaknya juga meyediakan ambulans di setiap Puskesmas tingkat kecamatan. Ini digunakan sebagai antisipasi jika ada pasien yang membutuhkan perawatan lebih lanjut. Pelayanan ini merupakan komitmen Pemerintah Kota Depok dalam mewujudkan pelayanan publik yang profesional dan merata kepada setiap masyarakat Kota Depok.

Penulis : Agus
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :