depok.go.id-Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok fokus untuk memperbanyak Sekolah Adiwiyata. Program peduli lingkungan ini, merupakan langkah efektif untuk mengurangi permasalahan lingkungan akibat pemanasan global.

“Permasalahan lingkungan tidak dapat ditangani oleh pemerintah saja, peran sekolah juga sangat diperlukan. Program Adiwiyata hanya salah satu upaya penyelesaian permasalahan lingkungan dan kami akan fokus memperbanyak Sekolah Adiwiyata,” ujar Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Depok, Iyay Gumilar, di Balai Kota, Kamis (14/02/19).

Dikatakannya, diperlukan komitmen semua pihak, baik pemerintah dan semua yang ada di lingkungan sekolah, untuk mewujudkan hasil perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang dapat diukur tingkat keberhasilannya.

“Ada empat komponen yang harus dipenuhi sekolah, antara lain, kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum (proses pembelajaran) berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan lingkungan berbasis partisipasi serta pengembangan dan atau pengelolaan sarana pendukung sekolah ramah lingkungan,” katanya.

Diakuinya, sampai saat ini sudah ada 120 sekolah di Kota Depok yang berpredikat Sekolah Adiwiyata. Jumlah ini akan ditingkatkan terus oleh DLHK Kota Depok dengan berbagai upaya, salah satunya dengan penyediaan tempat sampah, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta penghijauan lingkungan sekolah.

“Perlu adanya keberlanjutan program Adiwiyata. Mudah-mudahan ke depan sekolah yang sudah mendapat Adiwiyata tahun ini bisa terus menularkan semangat perilaku yang berbasis lingkungan kepada sekolah-sekolah di sekitarnya,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

 

Diskominfo

Bagikan post melalui :