IMG_20140414_132551

Usia sepertinya tidak menjadi penghalang bagi Hadi Suarno untuk mencari ilmu. Meskipun kini usianya sudah menginjak 54 tahun, Hadi terlihat tetap optimis dan penuh semangat mengikuti ujian Paket C yang diselenggarakan di SD Anyelir 1, Kota Depok, Senin (14/4/2014).

Hadi, yang dalam aktivitas kesehariannya bekerja sebagai pegawai honorer kebersihan di Dinas Pendidikan,  mengaku ingin mendapatkan ijazah SMA supaya bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Selain itu, Hadi juga ingin  memberi contoh kepada anak muda agar bersemangat dalam menuntut ilmu walau umur sudah tua.

“Ya, saya tetap semangat walaupun sudah tua,” tutur Hadi saat ditemui menjelang ujian Paket C di ruangannya. Dengan mengenakan kemeja putih dan celana hitam, Hadi tampak santai berbaur dengan para peserta ujian Paket C lainnya yang berusia jauh lebih muda darinya.

Hari ini, Hadi bukanlah satu-satunya peserta UN di Kota Depok yang berusia lanjut. Selain Hadi, ada beberapa peserta UN yang tetap bersemangat meskipun usianya sudah tak lagi muda.

“Saya tetap semangat ikut UN, walaupun pernah tidak lulus. Sekarang saya siap mengerjakan soal, karena saya sudah berlatih sejak 2 tahun yang lalu,” ungkap Abdullah Sani, peserta UN Paket C yang kini berusia 69 Tahun.

Abdullah Sani mengaku, motivasinya mengikuti ujian Paket C ini adalah karena ingin melanjutkan kuliah dan bekerja sebagai pengajar. Untuk menjaga semangatnya, Sani terbantu sekali dengan dukungan penuh yang selama ini diberikan oleh seluruh keluarganya.

IMG_20140414_130038

Senada dengan Hadi dan Sani, Leni (37) juga menyebutkan bahwa motivasinya mengikuti ujian Paket C ini adalah karena ingin mendapatkan ijazah SMA.

“Selama ini saya bekerja serabutan. Setiap ada peluang mendapatkan pekerjaan yang bagus, saya tidak bisa ikut karena syaratnya harus memiliki ijazah SMA. Karena itu, meskipun sudah punya anak tiga, saya bersemangat ikut ujian ini untuk melanjutkan kesuksesan yang tertunda,” kata Leni.

Berdasarkan data yang dihimpun, jumlah peserta paket C yang terdaftar di Depok mencapai, 1.447 peserta. Di SD Anyelir 1, ada 300 peserta yang mengikuti UN dengan usia antara 19 tahun sampai dengan 60 tahun. Dalam ujian paket C ini, syarat dan ketentuan yang diterapkan tak jauh berbeda dengan UN pelajar SMA pada umumnya. (Diskominfo/Rita)

Bagikan post melalui :