3

Sebanyak 250 siswa SMA/SMK se-Kota Depok mengikuti kegiatan Workshop Lomba Poster Digital yang dilaksanakan di Ruangan Serba Guna Gedung Dibaleka 2 Balaikota Depok, Senin (14/4/2014). Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok ini, hadir beberapa pakar IT ternama seperti Prihandoko dan Evans Winanda Wirga yang menyampaikan materi mengenai Poster Digital untuk Promosi Program Sosial serta Tips dan Teknik Desain Poster.

2

“Poster digital ini bisa dibuat untuk tujuan-tujuan sosial seperti untuk mengubah perilaku masyarakat, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan, mencegah kecelakaan, serta untuk menjaga lingkungan.” Tutur Prihandoko di hadapan para siswa yang menyimak materi tersebut dengan sangat antusias.

Selain dipaparkan mengenai poster digital untuk program sosial, di sesi kedua acara tersebut juga para calon peserta lomba diberikan pembekalan mengenai cara membuat poster yang menarik dan maknanya bisa dipahami oleh khalayak.

“Rata-rata, orang jarang menghabiskan waktu 5 menit untuk melihat poster. Karena itu, buatlah desain poster yang menarik secara visual, memiliki posisi dan komposisi yang jelas, dan munculkan pesan yang berani dengan judul yang kuat,” ungkap Evans yang merupakan dosen pengajar di Universitas Gunadarma, Depok.

Lebih lanjut Evans menyampaikan bahwa untuk membuat poster yang efektif harus memiliki satu pesan tunggal dan memiliki tujuan serta target audiens yang jelas.

4

“Poster yang tidak baik adalah poster yang tidak focus, memiliki banyak pesan dan terlalu banyak kata-kata, sehingga khalayak kesulitan membacanya dari jauh. Jadi, poster yang baik itu harus yang mudah dibaca, eye-catching, dan memiliki kombinasi warna yang menarik.” Lanjut Evans.

Acara workshop ini merupakan kegiatan pre-event dari Lomba Poster Digital yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun kota Depok yang ke-15. Sebagaimana disebutkan oleh Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dalam sambutannya yang menyebutkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memacu semangat pemuda dan pelajar Kota Depok supaya bisa meningkatkan kemampuan di bidang TIK sebagai salah satu tuntutan bagi terciptanya tekad Kota Depok menjadi “Cyber City”. (Diskominfo/Rita)

1

 

Bagikan post melalui :