paket c4
Demi mendapatkan ijasah SMA, sejumlah pelajar paket C tampak bersemangat mengikuti Ujian Nasional (UN). Beberapa peserta UN bahkan telah berusia lanjut.  UN tersebut berlangsung di SDN Anyelir 1, Jalan Nusantara Depok pada Senin (14/04/14).

Berdasarkan data yang dihimpun, jumlah peserta paket C yang terdaftar di Depok mencapai, 1.447 peserta. “Di sini (SD Anyelir 1) ada 300 peserta yang ikut UN. Mereka usianya antara 19 tahun sampai dengan 60 tahun. Syarat dan ketentuan yang diterapkan tak jauh berbeda dengan UN pelajar SMA pada umumnya,” tutur Chaerudin selaku Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI).

Beliau juga menambahkan untuk peserta yang telat akan diberi kesempatan agar tetap bisa mengikuti ujian paket C. Saat ini ada sekitar 11 persen warga Depok yang belum memiliki ijazah SD. “Yang enggak punya ijazah SD saja banyak apalagi yang SMP dan SMA. Untuk itulah, Walikota Depok meminta kami dan pihak Dinas Pendidikan untuk mencari warga yang tak memiliki ijazah. Menurut Badan Pusat Statistik, ada 11 persen warga Depok yang tak memiliki ijazah SD.” Tambahnya. Beliau juga mengajak warga lainnya yang belum memiliki ijazah dan berminat mengikuti ujian atau sekolah kesetaraan, silakan mendaftarkan diri ke Dinas Pendidikan, ia menjamin tak ada biaya yang dikeluarkan sedikitpun.

paket c2Sementara itu, Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail yang terlihat memantau jalannya Ujian paket C di SD ini, juga memberikan apresisasi tinggi bagi para peserta paket C, khususnya mereka yang telah berusia lanjut dan masih semangat mengikuti UN.

“Ini patut dijadikan contoh karena mereka masih tetap semangat. UN tahun ini berbeda ada 80 jenis soal. Jangan percaya dengan jawaban soal yang bocor, karena kemungkinan itu tidak ada. Sebab ya yang saya bilang tadi, soal ujian satu dengan yang lain berbeda,” tandas Pemimpin Kota Belimbing.

Selain itu juga, soal ujian di Depok dijamin kerahasiaannya. Pasalnya, ratusan lembar soal itu disimpan pada ruang khusus di SMAN 1 Depok dengan menggunakan segel, dipantau CCTV dan dijaga aparat kepolisian. (Nita/Diskominfo)

paket c

Bagikan post melalui :