depok.go.id – Terpilihnya Kelurahan Cipayung sebagai juara dalam pengisian profil kelurahan oleh Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, membuat Kelurahan Cipayung berhak ikut dalam Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok.

“Alhamdulillah, kita mendapat kepercayaan dari Disdukcapil untuk masuk dan diikutsertakan dalam program GISA. Saat ini sedang diusulkan dan menunggu Surat Keputusan (SK) Wali Kota Depok,” ujar Lurah Cipayung, Herman, Sabtu (14/04/18).

Dirinya mengatakan, nantinya kelurahan yang sudah terpilih bisa mensosialisasikan lagi terkait pentingnya melakukan pelaporan data kependudukan dan administrasi ke masyarakat.

“Kelurahan yang terpilih dalam program GISA, harus bisa mempertahankan kebutuhan mendasar masyarakat, baik itu KK, KTP, Akta Kematian, Akta Kelahiran dan lain-lain. Kelurahan juga harus masif mendorong masyarakat melakukan perekaman e-KTP. Hal itu juga yang menjadi perhatian kami nanti,” tambahnya.

Sebagai informasi, GISA diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri bersama Dirjen Dukcapil awal tahun ini. Gerakan ini fokus pada peningkatan perilaku tertib administrasi kependudukan di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, satuan kerja dan komunitas masyarakat.

Puncak akhir dari GISA adalah terwujudnya Indonesia yang sadar administrasi kependudukan. Sehingga terwujud tertib administrasi kependudukan sebagaimana amanat UU No 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas UU No 23 Tahun 2006 tentang administrasi kependudukan.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :