depok.go.id- Peningkatan perekonomian keluarga dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan keterampilan. Misalnya, melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) The Craft RW 19 Kelurahan Cilangkap, Tapos, yang dapat meningkatkan penghasilan keluarga dengan melakukan daur ulang, usaha kuliner, maupun jasa.
“UPPKS The Craft yang dilakukan kaum ibu sudah berkembang sejak 2016. Usaha ini berguna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah,” tutur Ketua Kelompok UPPKS The Craft, April, saat melakukan ekspose di Posyandu RW 19, belum lama ini.
Dikatakan April, saat UPPKS berdiri, hanya memiliki delapan anggota. Namun seiring perkembangan keterampilan para ibu, kini UPPKS The Craft sudah memiliki 14 anggota.
Lebih lanjut, ucapnya, terdapat empat kegiatan keterampilan yang dilakukan. Empat kegiatan keterampilan diantaranya kerajinan daur ulang limbah batang pisang, menjahit limbah kain perca, kuliner, serta biro jasa umroh.
“Masing-masing pengrajin saling mendukung dengan membantu memasarkan produknya. Dengan begitu, produk mereka dapat dikenal luas hingga berbagai wilayah,” jelasnya.
Dalam pemasarannya, sambungnya, produk-produk yang dihasilkan oleh UPPKS The Craft kerap mendapatkan pesanan hingga luar Depok. Jika ada pesanan yang cukup banyak, masing-masing anggota akan saling bekerja sama.
“Kami saling bersinergi agar produk dapat terjual lebih luas, semoga ke depan perekonomian di wilayah RW 19 dapat terus meningkat,” tutup April.
Penulis : Indri Purnama
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo
Bagikan post melalui :