Satgas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok saat melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) Dalam rangka masa tenang pemilu yang dimulai dari tanggal 14-16 April 2019. (Foto : Diskominfo)

 

depok.go.id – Masa tenang kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 telah dimulai sejak 14 – 16 April 2019. Dalam masa tenang ini, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok turut membantu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok untuk menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) dengan menurunkan sedikitnya 150 personel se-Kota Depok.

Kepala Satpol PP Kota Depok, N. Lienda Ratnanurdianny mengatakan, pihaknya siap melaksanakan penertiban dan pembersihan APK yang ada di semua wilayah Kota Depok. Dalam melaksanakan tugas, Satpol PP selalu berkoordinasi dengan Bawaslu Kota Depok.

“Bawaslu dan Satpol PP berjalan beriringan untuk penertiban APK ini, bahkan hingga ke kecamatan maupun kelurahan,” tutur Lienda, sapaannya, usai menghadiri Apel Persiapan dan Penertiban APK, Lapangan Balaikota Depok, Minggu (14/04/19).

Selain petugas Satpol PP tingkat Kota Depok, ucap Lienda, dirinya juga bersinergi dengan  internal Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Diantaranya Dinas Perhubunganb(Dishub) sebanyak 11 personel  dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok sebanyak 33 personel, serta dari Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sebanyak 63 orang.

“Khusus untuk Dishub diarahkan pada APK yang berada di angkutan umum untuk ditertibkan. Sedangkan DLHK apabila terdapat APK yang tertancap di pohon kami minta untuk segera diamankan,” katanya.

Di tempat yang sama, Komisioner Komisi Pemilhan Umum (KPU) Kota Depok, Mahadi Rahman Harahap menuturkan, KPU bersama Bawaslu Kota Depok mengimbau tim sukses (timses) untuk menertibkan secara mandiri APK yang ada di lingkungannya. Kemudian, jika ternyata masih ditemukan APK, tentu akan langsung ditertibkan oleh petugas penertiban APK Kota Depok.

“Kami tetap mengedepankan santun dalam penertiban ini, dan dengan menjaga kondusivitas, kedamaian serta keamanan di wilayah Depok jelang pelaksanaan pemilu, 17 April mendatang,” tandasnya.

 

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :