depok.go.id –  Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok memulai program Pembinaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan (TPK) honorer  di 11 kecamatan se-Kota Depok. Kegiatan tersebut dilakukan secara bertahap, dengan tahap awal diikuti oleh ratusan peserta dari Kecamatan Sawangan dan Bojongsari.

Kepala Bidang (Kabid) TPK Disdik Depok, Lizanova mengatakan, kegiatan tersebut akan dilakukan secara berkala, hingga 21 Mei mendatang. Total peserta TPK honorer yang mengikuti kegiatan ini, sekitar 2178 tingkat SD dan 414 tingkat SMP negeri.

“Jadi bukan hanya guru honorer saja, kita juga melakukan pembinaan kepada operator, tenaga administrasi, dan penjaga sekolah, yang penting statusnya masih honorer,” katanya, usai kegiatan di Balai Kota, Senin (14/05/2018).

Lizanova mengatakan, materi yang diberikan seputar, Kurikulum 2013 (Kurtilas), penguatan karakter, hak dan kewajiban sebagai guru tetap non-Aparatur Sipil Negara (ASN), dan pengayaan tentang undang-undang guru. Dengan demikian, para TPK ini memiliki pemahaman yang menyeluruh.

“Pematerinya sendiri dari Bidang Pendidikan Dasar, TPK, dan Pengawas SD/SMP,” katanya.

Sementara itu, dalam pertemuan tersebut, Kepala Seksi (Kasi) SD Bidang Pendas Disdik, Sada menjelaskan tentang penguatan kinerja. Dikatakannya, penting bagi TPK honorer untuk mengetahui tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) masing-masing.

“Harus ada upaya untuk meningkatkan profesionalisme dari para TPK ini. Misalkan memenuhi jam mengajar dan tidak boleh memegang lebih dari satu sekolah, sehingga proses belajar menjadi lebih fokus,” tutupnya.

 

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :