depok.go.id – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Umum (Diskarpus) Kota Depok memberikan apresiasi terhadap gerakan Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Kota Depok yang sudah menyerahkan buku karya Anak Depok Menulis (ADM). Pasalnya, melalui karya tersebut dapat meningkatkan gerakan budaya minat baca di masyarakat.
“Kami menyambut baik hasil buku ini yang diberikan ke Perpustakaan Umum Kota Depok. Dengan langkah yang dilakukan FTBM menjadi rekam jejak yang baik untuk meningkatkan kegiatan literasi dari komunitas,” tutur Kepala Diskarpus Kota Depok Siti Chaerijah kepada depok.go.id, Selasa (14/05/19).
Dikatakannya, serah simpan karya cetak itu merupakan kewajiban bagi para penulis dan penerbit buku kepada Perpustakaan Republik Indonesia, Perpustakaan Provinsi atau Perpustakaan Umum Daerah sebagai deposito. Hal tersebut sejalan dengan bunyi Undang-undang Nomor 13 Tahun 2018 Tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam.
Siti menambahkan, melalui serah simpan tersebut nantinya dapat menambah koleksi nasional dan melestarikannya sebagai hasil budaya bangsa. Semua itu demi menunjang pembangunan melalui pendidikan, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu juga menyelamatkan karya cetak dan karya rekam dari ancaman bahaya yang disebabkan oleh alam atau tangan manusia.
Sementara itu, Pengurus dan Penanggungjawab Program ADM, Baron Noorwendo menjelaskan, kegiatan ini merupakan program yang digulirkan sejak tahun 2018 dan menjadi agenda rutin tahunan FTBM Kota Depok untuk menanamkan budaya literasi di masyarakat. Pasalnya, Kota Depok memiliki banyak potensi unggul sekaligus Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas dan berbudaya. Namun energi kebaikan tersebut belum semuanya tersalurkan dan tertuang dalam karya tulisan.
“Karya-karya ini akan menjadi pemantik semangat menorehkan karya terbaik untuk Kota Depok. Tentunya untuk pembangunan yang lebih baik lagi,” pungkasnya.
Penulis : Indri Purnama
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo
Bagikan post melalui :