Usai menerima santunan, para guru ngaji dan marbot berfoto bersama Camat Sukmajaya. (Istimewa)

depok.go.id – Di akhir Ramadan 1439 Hijriah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok membagikan 1100 paket bingkisan Lebaran ceria kepada guru ngaji lekar dan marbut masjid yang tersebar di 11 kecamatan di Kota Depok. Nilai total bingkisan yang disalurkan tersebut sebesar Rp 275 juta.

“Ada ribuan guru ngaji dan marbut di Kota Depok. Mereka ini sangat berjasa dalam dinamika sosial keagamaan di lingkungan,” kata Iskandar, Penanggung Jawab Santunan, kepada depok.go.id, di Kantor Kecamatan Sukmajaya, Kemarin.

Selain itu, kata Iskandar, menurut tinjauan Fikih, guru ngaji dan marbut termasuk orang-orang yang membela agama Allah dengan mengajarkan ilmu Alquran kepada masyarakat, serta melayani pelaksanaan ibadah di masjid. Dengan demikian, imbuhnya, mereka masuk dalam kategori orang yang berhak menerima zakat.

Melalui bantuan ini juga, Baznas Depok berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Termasuk dengan membangun kerja sama yang luas lewat pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di berbagai masjid.

“Diharapkan cara ini berdampak secara sistematis dalam memberdayakan para guru ngaji lekar dan marbut di setiap wilayah,” tutupnya.

 

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Dunih

 

Diskominfo

Bagikan post melalui :