Pemeriksaan Kesehatan di Rutan Depok. (Foto: Istimewa)

depok.go.id – Sebanyak 191 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Cilodong, Depok menjalani pemeriksaan kesehatan. Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok membagi dua tahap pemeriksaan bagi ratusan warga binaan tersebut. Tahap pertama bagi 97 orang pada Selasa (06/08/2019), kemudian tahap kedua bagi 94 orang pada Rabu (14/08/2019).

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P), Dinkes Kota Depok Umi Zakiyati mengatakan, pihaknya melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi secara dini penyakit yang mungkin diderita para warga binaan Rutan Cilodong. Dengan mendeteksi dini, maka Dinkes bisa menangani para warga binaan agar mencegah terjadinya penularan.

“Kami melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi dini penyakit para warga binaan Rutan,” tuturnya kepada depok.go.id, Rabu (14/08/2019).

Dikatakannya, untuk pemeriksaan kesehatan, Dinkes mengecek kesehatan warga binaan Rutan meliputi pemeriksaan faktor risiko penyakit tidak menular. Antara lain pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut, tekanan darah, gula darah sewaktu, dan kolesterol. Selain itu, pihaknya juga mengadakan skreening Tuberkulosis, HIV, dan Hepatitis C.

Umi menambahkan, nantinya jika hasil pemeriksaan sudah keluar, para warga binaan akan mendapat pendampingan langsung oleh Tim Poliklinik Rutan Cilodong, Depok. Dalam hal ini, Dinkes hanya melakukan pemeriksaan kesehatan saja.

“Tim dari Poliklinik Rutan Cilodong, Depok akan menangani gangguan kesehatan warga binaan. Dengan demikian, dapat menjadi upaya pencegahan agar orang lain tidak tertular dan kesehatannya bisa kembali pulih,” pungkasnya.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :